Monday, January 7, 2013

Mengapa Komputer saya selalu menjalankan chkdsk pada drive E: tiap kali komputer dinyalakan ?

Q. Ini berpengaruh pada defragment. Drive E (dokumen) sama sekali tidak bisa di-defrag, dan selalu muncul komentar : "Drive E tidak bisa didefrag karena ada schedul untuk chkdsk". Tolong dong, gimana caranya supaya drive E saya terbebas dari chkdsk.. Trimakasih..

A. 1. Ada bad sector di salah satu drive. Tadinya gw pikir ini sebabnya, sebabnya di salah satu hardisk gw emang ada bad sector. Tp kok setelah scan dan di-recover, tampilan menyebalkan itu masih muncul tiap kali start-up ? Berarti bukan ini masalahnya.
2. Ada setting Power Management Windows yang error. Artikelnya bisa dilihat di sini. Tapi kok setelah gw oprek-oprek registry masih muncul jg ya ? Ini juga bukan biang keladinya.

Setelah di cari-cari lg, akhirnya dapat cara penyelesaiannya.

1. Setelah masuk windows, buka command prompt lewat Start -> Run. Tulis "cmd" dan tekan OK.
2. Di command prompt, ketik "fsutil dirty query <nama drive bermasalah>" , terus tekan Enter. Contoh, kalo yg error di drive C, tulis : fsutil dirty query C:
3. Kalo benar, akan muncul pemberitahuan kalo drive yg tujuan tadi DIRTY alias kotor.
4. Ketik "chkdsk <nama drive bermasalah> /f". Kalo sistem file di hardisk tersebut NTFS, pake aja perintah "chkdsk <nama drive bermasalah> /f /x". Ingat, jangan pake option /x kalo sistemnya bukan NTFS ya.
5. Kalo Windows minta kalo chkdsk harus dijadwalkan ketika proses startup, pilih Yes. Kalo nggak langsung ke langkah 6.
6. Setelah proses scan selesai, ulangi langkah nomor 2. Seharusnya sekarang muncul pesan yg mengatakan kalo drive yg di-scan tadi sudang nggak kotor lagi alias NOT DIRTY.
7. Sekarang coba restart lagi. Kalo prosesnya benar, tampilan disk check di startup nggak akan muncul lagi :) .
8. Kalo gagal juga ? ya â¦. itu tanda harddisk anda sudah mau pensiun. Back-Up semua data-data penting ke CD atau DVD, terus format ulang aja harddisk tadi, dengan catatan, anda memang sudah tidak butuh data-data yang ada di dalamnya.



Terus apa itu perintah "fsutil" yg ditulis di command prompt tadi ? Ternyata ini adalah utility untuk melakukan manajemen untuk drive PC, baik yg sistem filenya FAT atau NTFS. Gw juga baru tau kalo ada utility praktis kayak gini di Windows XP (satu lg utility yg disembunyikan Microsoft).

* Perintah "fsutil dirty query" akan melaporkan status "bersih" atau "tidak bersih" nya suatu drive. Kalo statusnya dirty, Windows akan melakukan proses scan setiap kali proses startup. Ini biang keladinya masalah gw. Statusnya kayaknya nggak jadi bersih walaupun di scan berulang kali.
* Perintah "chkdsk /f" akan memaksa Windows melakukan proses chkdsk, tanpa peduli status drive tujuan dirty atau tidak. Dengan perintah ini, chkdsk juga akan melakukan perbaikan pada error yg ada.
* Perintah "chkdsk /f /x" cuman bisa dipake di sistem NTFS. Option /x akan memastikan setiap drive "terkunci" (dismount) sebelum proses chkdsk dilakukan.

Referensi :

http://forums.techguy.org/windows-nt-2000-xp/575014-solved-disk-check-4-consistency.html

http://www.thinkdigit.com/forum/showthread.php?t=21743

untuk itu untuk anda sangatlah berhati - hati ya.... untk mencari info komputer anda bisa mengunjungi techalexa.blogpsot.com atau stm-terkini.blogspot.com
kalau cara yang saya gunakan anda kunjungi blog sya ya dan kasih gua nilai 5 ya key

gimana caranya bisa menampilkan?
Q. gimana caranya bisa menampilkan gambar pada explore,apakah ada program khusus.bagi yang tau tolong saya di bantu y,trimakasih

A. um....

Disetiap folder apa di beberapa folder saja ???

Kalo di beberapa folder saja /.. yang harus anda lakukan adalah :

Membuat folder tersebut menjadi sistem...

caranya ??

START >> RUN >> CMD

lalu menuju ke lokasi folder tersebut ..

misal ada di C:\cdxp

Maka ..
-------------------------------------------------------------------------
C:\Documents and Settings\Our Computer>cd \

C:\>attrib +s -r -h cdxp
-------------------------------------------------------------------------

Jika sudah di buat menjadi system pada folder tersebut...sekarang anda dapat melakukan penulisan file desktop.ini
yaitu file yang digunakan untuk menambahkan gambar pada jendela explorer tersebut ..
-------------------------------------------------------------------------
[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}
{5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}={5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=FD.jpg
IconArea_Text=0xFFFFFF
[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0
{8C6D8BD6-116B-4D4E-B1C2-87098DB509BB}
-------------------------------------------------------------------------

Untuk kustomisasi warna tulisan ada code 2 HEXA yang digunakan
FF00FF = Jingga / ungu
FF33FF = ungu terang
FF91FF = Ungu muda
FF62EE = Ungu sedang
d800e6 = Ungu gelap
FFFF4B = Biru muda
FFFF81 = bIRU muda
33FF = Merah
33FFF4 = Kuning
00FFFF = Kuning sedang
51B11B = Hijau gelap
10BB61 = Hijau gelap2
80FCA4 = Hijau muda
00FF00 = Hijau terang
DF280F = Biru tua
ff4321 = Biru terang
FF0000 = Biru
FFOOOO = Merah terang (O = BUKAN NOL)
8CCBDD = Coklat muda
-------------------------------------------------------------------------

Hal - hal yang perlu diperhatikan :

Untuk kostomize gambar latar belakang
IconArea_Image=FD.jpg
Lihat pada code tersebut..
itu berarti gambar yang ingin kamu jadikan latar harus bernama FD.JPG

dan untuk kustomisasi warna anda dapat melihat pada bagian ini :
IconArea_Text=0xFFFFFF
Code FFFFFF
dapat anda ganti sesuai dengan keinginan berdasarkan code HEXA yang telah saya beritahukan sebelumnya...

Nah....
Kalau mau semuanya...jugag bisa ...

tapi hal ini hanya berlaku untuk komputer anda saja, [maksud saya misal kamu menginginkan flashdisk kamu berlatar belakang sperti itu ketika kamu mencolokan dikomputer lain maka flashdisk kamu tidak akan memiliki latar belakang]

kalau untuk ini saya menggunakan software window blind

http://oprek-windows.blogspot.com/2008/09/style-keren-dari-windowblinds.html

Selamat mencoba ...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment